Perawatan Kecantikan Kekinian

Semua wanita pasti mendambakan wajah yang bersih dan bersinar. Apalagi, media sosial turut berperan menyebarkan “demam” penggunaan skin care dan pentingnya punya wajah “glowing”. Akibatnya, tak hanya skin care yang laku keras, klinik kecantikan pun bermunculan di mana-mana, menawarkan berbagai macam perawatan kecantikan kekinian. Apa saja jenis perawatan kecantikan kekinian yang bisa kita coba?

1. Mikrodermabrasi 

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang digunakan untuk memperbarui warna dan tekstur kulit secara keseluruhan. Prosedur ini menggunakan alat khusus dengan permukaan yang bisa mengikis lapisan luar kulit yang tebal. 

Mikrodermabrasi dianggap sebagai prosedur yang aman untuk sebagian besar jenis dan warna kulit. Biasanya orang akan memilih untuk melakukan mikrodermabrasi jika mereka memiliki masalah kulit berikut:

  • Garis halus dan kerutan
  • Hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan dan bintik-bintik coklat
  • Pori-pori membesar dan komedo
  • Jerawat dan bekas jerawat
  • Stretch mark
  • Kulit tampak kusam
  • Warna dan tekstur kulit tidak merata
  • Melasma
  • Kerusakan akibat sinar matahari

2. Chemical peeling 

Chemical peeling merupakan suatu perawatan dengan melakukan pengelupasan kulit wajah dengan bahan kimia. Hal ini akan menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga akan kulit yang lebih sehat dan halus di bawahnya akan muncul. Nah, chemical peeling ini cocok untuk kita yang memiliki masalah seperti:

  • Warna kulit tidak merata
  • Garis halus dan kerutan
  • Bekas luka
  • Kerusakan akibat sinar matahari
  • Melasma

3. Botox

Botox adalah perawatan kecantikan dengan melakukan suntikan pada bagian kulit wajah yang mengalami kerutan. Botox ini terbuat dari bakteri, namun aman karena sudah digunakan lebih dari dua dekade. Botox bekerja dengan cara mengendurkan otot-otot di wajah untuk menghilangkan kerutan. Kerutan ini terjadi secara alami di sekitar mata dan mulut, serta di antara alis kita. Suntikan botox mengendurkan otot-otot di dekat kerutan ini, tidak membiarkan otot bergerak, dan mengurangi munculnya kerutan dinamis.

4. Filler 

Sama halnya dengan botox, filler pun berfungsi untuk mengurangi kerutan. Filler biasanya digunakan untuk menghilangkan kerutan pada garis senyum, untuk menambah bibir atau pipi. Terkadang, mereka digunakan untuk perawatan tangan atau untuk mengurangi munculnya bekas luka. 

5. Laser

Perawatan kulit wajah ini menggunakan sinar cahaya yang kuat untuk menghilangkan kulit yang rusak. Perawatan laser ini biasanya mempunyai dua tahap, yaitu foto laser dan laser resurfacing. Foto laser biasanya bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, sedangkan laser resurfacing bermanfaat untuk mengurangi keriput, bekas jerawat, serta noda penuaan. 

6. Mesotherapy 

Mesotherapy adalah teknik yang menggunakan suntikan seperti suntikan vitamin, enzim, hormon, dan ekstrak tumbuhan untuk meremajakan dan mengencangkan kulit, serta menghilangkan lemak berlebih pada wajah. 

Teknik ini menggunakan jarum yang sangat halus untuk memberikan suntikan ke lapisan tengah kulit atau mesoderm. 

Mesotherapy cocok bagi kita yang mengalami masalah kulit wajah sebagai berikut:

  • Menghilangkan lemak di area seperti perut, paha, bokong, pinggul, kaki, lengan, dan wajah
  • Mengurangi selulit
  • Memudarkan kerutan dan garis halus
  • Mengencangkan kulit kendur
  • Mencerahkan kulit berpigmen
  • Mengobati alopecia, suatu kondisi yang menyebabkan kerontokan rambut

7. IPL (Intense Pulse Light)

IPL adalah jenis terapi cahaya yang digunakan untuk mengobati kerutan, bintik-bintik penuaan, rambut pada sekitar wajah, dan noda hitam pada wajah. IPL ini mirip dengan perawatan laser. Bedanya, laser hanya memfokuskan pada satu panjang gelombang cahaya pada kulit kita, sementara IPL melepaskan banyak panjang gelombang cahaya yang berbeda. Cahaya dari IPL lebih tersebar dan kurang fokus dibandingkan laser. IPL menembus ke lapisan kedua kita (dermis) tanpa merusak lapisan atas (epidermis), sehingga menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada kulit kita.

8. Vampire Facelift atau PRP 

Vampire facelift atau PRP merupakan singkatan dari Platelet Rich Plasma. Nah, PRP ini adalah zat yang dianggap meningkatkan penyembuhan saat disuntikkan. Idenya adalah bahwa menyuntikkan PRP ke jaringan yang rusak akan merangsang tubuh kita untuk menumbuhkan sel-sel baru yang sehat dan meningkatkan penyembuhan. Nah, vampire facelift atau PRP ini menggunakan darah pasien. Prosedur ini dapat membuat kulit terlihat kurang keriput, lebih kencang, dan lebih elastis.

Banyak sekali ya macam-macam perawatan kecantikan kekinian. Pilihlah perawatan kecantikan sesuai dengan jenis kulit dan masalah pada wajahmu. Bila ragu, kita bisa konsultasikan ke dokter spesialis kulit dulu sebelum melakukan perawatan kecantikan. Dan jangan lupa, pilihlah perawatan kecantikan yang sesuai dengan budgetmu ya, supaya bisa melakukan perawatan secara rutin agar manfaatnya maksimal!

 

Source: www.skata.info/article/detail/1358/8-perawatan-kecantikan-kekinian-wajib-tahu

Image placeholder

administrator

Deskripsi singakat mengenai penulis Deskripsi singakat mengenai penulis Deskripsi singakat mengenai penulis Deskripsi singakat mengenai penulis.

Leave a comment

0 Comments